Strategi Pemasaran Bagi
Produk Baru
Memasarkan
produk baru memang tidak mudah, apalagi jika produk tersebut belum dikenal
masyarakat. Dibutuhkan modal atau biaya pemasaran yang cukup besar, serta
perjuangan dan strategi pemasaran khusus agar produk tersebut mengena dihati
konsumen.
Selain
bagaimana caranya menarik minat konsumen, para pemula juga harus menghadapi
persaingan bisnis dari pengusaha lain yang telah memasarkan produk terlebih
dulu.
Hal
ini menjadi tantangan yang cukup besar, bagi para pelaku usaha. Sebab untuk
berhasil memasuki sebuah pasar, mereka harus memiliki strategi untuk menarik
minat konsumen. Sebaiknya ciptakan produk yang memiliki kelebihan tersendiri
dibandingkan produk lainnya. Sehingga konsumen bisa tertarik dan mengenali
produk baru yang Anda tawarkan.
Disamping
menciptakan produk yang lebih unggul, masih ada beberapa hal yang perlu
diperhatikan untuk mengenalkan konsumen pada produk baru, antara lain sebagai
berikut :
Lakukan
riset pasar, untuk mengetahui seberapa besar potensi pasar sebuah produk. Jika
hasil penelitian menunjukan hasil yang cukup positif, maka Anda tidak perlu
ragu lagi untuk memasarkan produk baru tersebut. Namun bila riset menunjukan
kurangnya minat dari konsumen, sebaiknya lakukan evaluasi dan berikan nilai
lebih pada produk Anda. Sehingga produk tersebut mudah diterima oleh pasar.
Jeli
terhadap kebutuhan konsumen. Mencoba pasar baru dengan menawarkan produk yang
dibutuhkan konsumen, merupakan salah satu strategi pemasaran yang sangat ampuh
untuk menarik minat konsumen. Karena dengan adanya kebutuhan tersebut, daya
beli konsumen akan semakin meningkat. Termasuk daya beli terhadap produk baru
yang memberikan solusi untuk masalah mereka.
Buat
kegiatan promosi yang efektif. Kegiatan promosi menjadi hal yang sangat penting
untuk mengenalkan produk baru, setidaknya perhatikan faktor pendukung STP
(segmentation, targeting, positioning)
dan marketing mix (produk, price, place dan promotion). Ini dimaksudkan
agar kegiatan promosi yang dilakukan sesuai dengan target pasar yang telah
ditentukan. Strategi promosi yang dapat dilakukan antara lain menjaga kualitas
produk, menawarkan harga yang bersaing, memilih lokasi usaha yang strategis,
memberikan bonus atau potongan harga pada saat launching produk.
Selanjutnya
berikan pelayanan yang terbaik bagi para konsumen. Karena pelayanan yang baik,
menjadi salah satu faktor pendukung untuk menciptakan produk yang berkualitas.
Semakin baik pelayanan yang Anda berikan, maka semakin luas pula pasar Anda.
Begitu juga sebaliknya jika pelayanan yang Anda berikan buruk, konsumen pun
akan begitu cepat meninggalkan produk Anda.
Strategi
pemasaran bagi produk baru, juga berpengaruh besar terhadap penjualan produk.
Sebab kesan pertama yang diperoleh konsumen dari sebuah produk baru, akan
menentukan penilaian mereka terhadap image produk tersebut. Demikian informasi
pemasaran bisnis untuk pekan ini, semoga dapat bermanfaat dan salam sukses.
Sumber
:
Strategi Tepat
Pemasaran Jasa
Bisnis
jasa merupakan bisnis yang menjual layanan kepada para konsumen yang
membutuhkan. Berbeda dengan bisnis yang menjual barang, bisnis jasa menyediakan
produk yang tidak berwujud dan tidak menyebabkan kepemilikan apapun bagi
konsumen yang menggunakannya. Jika bisnis produk atau barang dapat dimiliki
konsumen setelah terjadi transaksi, bisnis jasa hanya bisa memberikan kualitas
pelayanan yang diharapkan pelanggan setelah mereka melakukan transaksi walaupun
tidak dapat memiliki pelayanan tersebut seterusnya.
Dalam
menjalankan bisnis jasa, juga dibutuhkan adanya strategi pemasaran. Namun
sebelum menentukan strategi pemasaran yang akan digunakan, perlu diperhatikan bahwa
strategi pemasaran jasa berbeda dengan strategi pemasaran bisnis yang
menyediakan produk atau barang. Bisnis jasa lebih cenderung memberikan
pelayanan kepada konsumen dengan berhubungan langsung, oleh karena itu bisnis
jasa mengukur keberhasilan strategi pemasaran dengan tingkat kepuasan yang
diperoleh konsumen.
Untuk
menghasilkan jasa yang dapat memenuhi kebutuhan pelanggan dengan optimal.
Berikut kami berikan strategi tepat pemasaran jasa yang dapat dicoba :
Berikan
pelayanan secara efisien. Dengan memberikan pelayanan yang cepat dan tepat
sesuai dengan harapan konsumen, secara tidak langsung mampu mempengaruhi
konsumen untuk kembali lagi menggunakan jasa yang kita tawarkan. Karena
biasanya konsumen tidak suka jika menunggu terlalu lama pelayanan yang mereka
harapkan.
Dalam
menjalankan pemasaran jasa, adanya peran karyawan yang menangani konsumen
dengan baik merupakan daya tarik tersendiri bagi para konsumen. Karena kinerja
karyawan menentukan citra perusahaan jasa.
Disamping
itu, tinggi rendahnya harga yang ditawarkan pelaku bisnis jasa sebaiknya di
sesuaikan dengan besar kecilnya manfaat yang diperoleh konsumen dari produk
jasa yang kita tawarkan. Semakin besar manfaat atau nilai yang dirasakan
konsumen, semakin tinggi pula biaya yang harus dikeluarkan konsumen.
Gunakan
perkembangan teknologi serta inovasi untuk menghasilkan produk jasa yang mampu
memberikan solusi terbaik bagi para konsumen. Karena semakin canggih teknologi
yang digunakan, semakin cepat pula pelayanan yang diberikan untuk konsumen.
Sesuaikan
budaya yang berkembang saat ini. Karena peluang pasar bisnis jasa juga
dipengaruhi dengan budaya yang berkembang saat ini.
Dari
beberapa cara pemasaran jasa yang telah dibahas, dapat disimpulkan bahwa
kualitas pelayanan yang diberikan kepada konsumen menjadi pemasaran paling
tepat bagi bisnis jasa. Kenyamanan, solusi tepat, pelayanan prima, dan
keramahan karyawan menjadi kunci sukses bisnis jasa. Semoga informasi stategi
tepat pemasaran jasa dapat membantu Anda dalam menjalankan bisnis. Salam sukses.
Sumber
:
Stretegi Pemasaran
Bisnis Melalui Internet Marketing
Meningkatnya
pengguna internet setiap harinya, ternyata tidak diabaikan begitu saja oleh
para pelaku bisnis. Saat ini banyak pelaku bisnis yang sengaja membuat website,
blog, atau membuat akun di facebook maupun twitter untuk memasarkan produk
mereka. Kemajuan tersebut dirasa sangat bermanfaat untuk dijadikan sebagai salah
satu strategi pemasaran bisnis.
Pemasaran
bisnis melalui internet merupakan salah satu cara untuk memperluas jangkauan
pasar. Melalui internet marketing, informasi produk Anda dapat menjangkau
konsumen yang ada di daerah – daerah tanpa harus terjun langsung ke daerah
tersebut untuk mempromosikan produk Anda. Berikut beberapastrategi pemasaran
bisnis melalui internet marketing yang dapat dicoba :
Website Marketing
Belakangan
ini banyak usaha offline yang sengaja membuat website untuk memasarkan produknya
melalui media online. Website menjadi tempat untuk memberikan informasi
mengenai informasi produk kepada calon pembeli, sehingga para konsumen dapat
mengetahui kelebihan dan kekurangan produk tanpa harus datang langsung ke
tempat usahanya. Selain itu website juga menjadi sarana bagi konsumen yang
ingin melakukan pemesanan produk, serta mempermudah pemasaran produk dengan
melayani pembayaran secara online atau melalui transver via bank. Kemudian
barang akan dikirimkan kepada konsumen melalui jasa pengiriman barang seperti
Pos, Tiki atau JNE. Dengan adanya website marketing, pemasaran produk dapat
dilakukan secara otomatis menggunakan bantuan sistem internet.
Email Marketing
Selain
website marketing, promosi bisnis melalui internet dapat dilakukan melalui
email marketing. Pemberitahuan mengenai informasi produk untuk memberikan
penawaran kepada calon konsumen, dapat dilakukan secara masal maupun
personal melalui email marketing.
Sehingga kegiatan promosi produk semakin mudah, dan murah. Selain membantu
mempromosikan produk, email marketing juga menjadi sarana komunikasi antara
pelaku usaha dengan calon konsumen.
Konsumen yang tertarik dengan produk Anda, biasanya akan menanyakan
informasi produk tersebut melalui telepon maupun email. Keberadaan email
marketing, mendukung kegiatan pemasaran baik secara online maupun secara
offline.
Adanya
pemasaran melalui internet marketing, selain memberikan kemudahan kepada para
pelaku usaha untuk memasarkan produknya. Ternyata masih memberikan beberapa
manfaat lain yang menguntungkan
perusahaan. Manfaat adanya pemasaran melalui internet antara lain sebagai
berikut :
1.
Pemasaran melalui internet tidak terbatas oleh waktu, tidak seperti bisnis
offline lainnya. Layanan pemasaran bisnis melalui internet bisa diakses konsumen
selama 24 jam non stop. Karena internet memiliki sistem otomatis yang dapat
memberikan respon dengan cepat bila ada pesanan maupun permintaan dari para
konsumen. Sehingga permintaan produk dari konsumen, dapat Anda layani kapan
saja dan dimana saja selama ada jaringan internet.
2.
Pemasaran melalui internet juga menjangkau pasar lebih luas. Melalui bisnis
internet, Anda dapat menginformasikan produk Anda hingga ke seluruh daerah di
nusantara, bahkan menjangkau pasar luar negeri.
3.
Dengan memakai strategi pemasaran melalui internet. Dapat meningkatkan image
perusahaan Anda dimata para konsumen, sehingga memberikan nilai lebih bagi
bisnis Anda untuk menghadapi persaingan bisnis yang ada.
4.
Mengurangi biaya pemasaran, karena pemasaran melalui internet lebih tertarget
dan biayanya relatif lebih rendah dibandingkan biaya pemasaran offline yang
biayanya lebih besar untuk membuat brosur, spanduk, banner, neon box, dll.
5.
Memudahkan pelaku usaha untuk menjalin hubungan dengan para konsumen. Karena
melalui internat dapat terjalin komunikasi yang interaktif antara konsumen
dengan pelaku bisnis, misalnya saja melalui email marketing, kotak saran atau
ruang coment, serta forum diskusi antar konsumen. Sehingga bila komunikasi
terjaga dengan baik, loyalitas konsumen terhadap bisnis Anda juga dapat
meningkat.
Sampai
saat ini, pemasaran bisnis melalui internet sangat membantu pelaku bisnis untuk
meningkatkan penjualan produk mereka. Mudahnya memasarkan produk melalui
online, serta banyaknya manfaat yang diberikan internet marketing. Menjadi
solusi tepat bagi Anda yang memiliki problem pemasaran produk. Semoga informasi
ini bermanfaat, salam sukses.
Sumber
:
Dalam
menjalankan bisnis, bukan cuma modal dan produk berkualitas saja yang
dibutuhkan, tetapi aspek pemasaran juga sangat dibutuhkan agar bisnis yang
dijalankan dapat menghasilkan omset sesuai target. Begitu juga dalam
menjalankan bisnis makanan, adanya strategi pemasaran juga sangat berpengaruh
terhadap omset yang diperoleh pelaku bisnis tersebut.
Bisnis
makanan merupakan salah satu bisnis yang memiliki potensi cukup besar, sudah
banyak pelaku usaha yang meraup untung dari usaha ini. Namun tidak sedikit pula
pelaku usaha makanan yang gulung tikar alias bangkrut, karena strategi
pemasaran yang digunakan kurang tepat. Untuk menghindari resiko bangkrut,
karena adanya permasalah pemasaran usaha yang kurang tepat. Berikut kami
berikan beberapa strategi pemasaran bisnis makanan yang dapat Anda coba :
Buatlah
nama untuk bisnis makanan Anda semenarik mungkin
Sebelum
Anda membuka usaha makanan, sebaiknya Anda sudah menyiapkan nama untuk usaha
Anda. Pilih nama yang menarik, unik, dan mudah diingat oleh para konsumen.
Karena nama usaha menjadi image yang akan tertanam pada konsumen, sehingga
mereka mudah untuk mengingat usaha Anda. Disamping itu hal yang perlu
diperhatikan ketika mencari nama usaha, sesuaikan nama dengan usaha yang Anda
jalankan. Misalnya : “Warung Steak” untuk usaha makanan khusus steak, ” Ramen” Japanese Noodle untuk bisnis makanan
khas Jepang, atau “Kedai Jamur” untuk
usaha makanan khusus jamur. Nama usaha dapat Anda tempatkan di depan lokasi
usaha dengan menggunakan neon box ataupun x – baner di depan lokasi usaha Anda.
Agar konsumen yang kebetulan lewat, tertarik untuk mampir membeli produk
makanan Anda.
Perkenalkan
bisnis Anda pada masyarakat
Mulai
sebuah pemasaran dengan mengenalkan bisnis Anda kepada masyarakat sekitar Anda.
Dengan adanya pengenalan produk, masyarakat mengetahui apa kelebihan produk
bisnis makanan Anda, harga makanan yang ditawarkan, serta pelayanan yang
ditawarkan bisnis Anda kapada para konsumen. Untuk mengenalkan bisnis makanan
Anda pada masyarakat, dapat dilakukan dengan membuat event dan mengundang
masyarakat luas untuk berkunjung ke bisnis makanan yang Anda miliki. Selain itu
pemasaran juga bisa dilakukan dengan mengambil karyawan lokal yang ada di
sekitar lokasi usaha Anda, secara tidak langsung karywan Anda akan
mempromosikan tempat kerja mereka kepada kerabat serta rekan mereka.
Berikan
potongan harga untuk event – event tertentu
Memberikan
potongan harga pada event – event tertentu seperti pada saat grand opening
bisnis Anda, atau pada saat ulang tahun usaha tersebut. Selain itu Anda juga
dapat memberikan paket harga khusus pada saat hari – hari terttentu, misalnya
memberikan harga paket keluarga di hari – hari liburan, maupun hari raya
seperti lebaran, atau tahun baru. Dengan adanya potongan harga menjadi daya
tarik tersendiri bagi para konsumen untuk berkunjung ke usaha Anda. Anda dapat
menggunakan brosur, pamflet, ataupun spanduk untuk mempromosikan potongan harga
yang ditawarkan usaha Anda.
Membangun
jaringan dengan usaha lain yang dapat mendukung bisnis Anda
Untuk
membangun jaringan usaha memang tidaklah mudah, namun jaringan merupakan
pemasaran yang sangat efektif. Mulailah dengan membuat jaringan usaha dengan
rekan maupun kerabat dekat Anda yang memang bisa membantu Anda untuk
mengembangkan bisnis. Cara membangun jaringan bisa dilakukan dengan memberikan
test product pada rekan atau kerabat Anda. Misalnya bagi yang memiliki usaha
warung bakso, Anda dapat mengajak rekan dan kerabat untuk berkunjung mencicipi
bakso buatan Anda. Jika rekan dan kerabat Anda tertarik dengan produk bakso
tersebut, mereka akan senang jika diajak untuk bekerjasama dengan usaha bakso
Anda. Contohnya saja untuk rekan yang memiliki usaha catering, dapat
bekerjasama untuk penyediaan bakso untuk usaha katering miliknya, selain itu
untuk rekan yang memiliki usaha periklanan dapat menjalin kerjasama di bidang
pemasaran melalui media. Begitu banyak peluang yang akan muncul, bila Anda
memiliki jaringan usaha yang cukup luas.
Menciptakan
inovasi pada menu – menu yang ditawarkan
Untuk
menghindari kejenuhan konsumen, ciptakan inovasi pada menu – menu yang
ditawarkan usaha Anda. Minimal 6 bulan sekali ciptakan menu baru pada usaha
Anda. Banyaknya variasi menu yang ditawarkan, akan menjadi daya tarik
tersendiri bagi usaha Anda. Misalnya usaha bakso,bisa diberikan inovasi dengan
menambah menu bakso isi keju, bakso isi telur, bakso isi buah, hingga bakso
ikan dan bakso udang. Menu yang bervariasi akan menarik minat masyarakat untuk
mengunjungi warung usaha bakso Anda.
Meningkatkan
kualitas pelayanan
Dalam
memberikan pelayanan bagi para konsumen, sebaiknya perhatikan waktu penyajian
makanan, kualitas cita rasa makanan serta kebersihan dan keamanan tempat usaha.
Konsumen akan merasa tidak nyaman jika menunggu penyajian makanan yang terlalu
lama, untuk itu usahakan untuk on time dalam memberikan pelayanan. Selain itu
jaga kualitas cita rasa makanan yang diproduksi, sehingga konsumen tidak kecewa
jika makanan yang mereka pesan ternyata tidak enak. Dan yang ketiga adalah
jagalah kebersihan serta keamanan bisnis makanan Anda, sehingga konsumen yang
makan ditempat Anda merasa nyaman dan senang untuk berkunjung kemabali ke usaha
Anda.
Pada
dasarnya pemasaran usaha sangatlah penting, untuk itu lakukan promosi usaha
secara total pada usaha Anda. Baik dari mulai grand opening sampai bisnis
makanan Anda sudah dapat berjalan, lakukan terus promosi dan pemasaran secara
terus menerus. Jika perlu sisihkan 5 – 10 % omset Anda untuk biaya promosi dan
pemasaran usaha. Salam sukses.
Sumber
:
0 komentar:
Posting Komentar